Cara Merawat Aki Accu Basah Dengan Baik

Tips Merawat Accu Basah Dengan Benar


Hallo ketemu lagi dengan blog yang sederhana ini. Kali ini kita akan kasih tips nih buat kalian semua. Tips bagaimana cara merawat accu basah dengan benar.
Ikuti terus yuk..

Accu merupakan komponen mobil yang sangat penting karena accu berfungsi sebagai penyimpan sumber arus listrik. Accu juga digunakan untuk menyuplai arus listrik ke komponen pada sebuah kendaraan. Oleh karena itu accu harus mengalami perawatan agar menambah usia accu dan tetap terjaga dalam kondisi yang baik.




Berikut adalah beberapa cara merawat accu basah :

1. Periksa Selalu Air Accu
Periksa selalu kapasitas air accu. Sebaiknya pemeriksaan dilakukan dalam 2 minggu sekali. Karena air accu yang kurang dan dibiarkan cukup lama akan cepat mengalami kerusakan.
Hal tersebut dikarenakan air accu berfungsi :

  • untuk menjaga suhu komponen di dalam accu
  • sebagai penghantar arus antar sel yang terdapat di dalam accu.

Kami sarankan jika air accu mengalami kekurangan sebaiknya penambahan air accu menggunakan air accu zur.

2. Pastikan Terminal Accu Bersih
Hal selanjutnya untuk merawat accu basah adalah perhatikan terminal accu. Terminal accu harus selalu dalam keadaan yang bersih. Karena terminal accu yang kotor akan menghambat suplai arus listrik ke komponen dalam kendaraan. Untuk membersihkan terminal accu gunakan sikat gigi dan amplas.

3. Periksa kabel accu
Kabel accu berfungsi untuk penghantar arus listrik. Sebab itu harus dalam keadaan kencang. Jika kabel accu terlalu kendor akan menghambatan suplai arus ke komponen pada kendaraan. Beresiko mengalami percikan bunga api jika kabel accu terlalu kendor.
Hal ini sering diremehkan oleh pemilik mobil sehingga mobilnya terbakar.

4. Hidupkan Mesin Setiap Hari
Hal selanjutnya adalah dengan menghidupkan mesin setiap hari. Dengan menghidupkan mesin, accu akan mengalami sirkulasi arus listrik dan membuat daya tahan accu lebih lama.
Jika kendaraan akan digunakan jangan langsung menjalankan kendaraan anda. Hidupkan mesin selama 5 menit atau 10 menit agar arus pada accu stabil dan mengalami penambahan arus dari alternator.

Itulah tips merawat accu basah dengan benar.
Semoga bermanfaat bagi anda.
Kami tidak bermaksud untuk menjelek jelekan suatu produk.
Kami hanya ingin memberikan informasi tentang pengalaman kami di dunia otomotif sesuai pengalaman kami yang pernah kami tangani di lapangan.
Apabila terdapat kesalahan baik tulisan maupun penjelasan kami mohon maaf.
Kritik dan saran sangat kami butuhkan. Silahkan tulis di kolom komentar.
Agar kedepannya kami bisa jauh lebih baik lagi.
Terimakasih sudah membaca blog kami.

Dan jika anda ingin kami mengulas hal yang lain tentang dunia otomotif silahkan tulis di kolom komenta, Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates: