Faktor Mobil Avanza Sering Mogok

Faktor Mobil Avanza Sering Mogok


Hallo selamat datang kembali di "bengkel injeksi" kali ini kita akan bahas apa sih penyebab mobil avanza mogok dan apa saja kemungkinan-kemungkinnnya.

Untuk anda yang memiliki mobil avanza yang biasa di juluki mobil sejuta umat, pasti sangat bingung ketika mobil anda mengalami trobel di jalan. Apalagi sama sekali tidak tau tentang mesin pasti bingung apa penyebabnya.
Bila di stater panjang tapi mesin sama sekali tidak mau menyala ?? Oke berikut kemungkinan yang harus anda periksa setidaknya bisa sedikit membantu anda di dalam perjalanan.
 

#1. Fuel pump / pompa bensin
Pompa bensin di mesin mobil dengan sistem injeksi merupakan hal yang sangat penting.
Pompa bensin berfungsi untuk mendorong bensin bertekanan menuju ke injektor yang akhirnya menjadi tekanan di injektor lalu terjadi pengaturan semprotan di injektor.

Penyebab pompa bensin rusak antara lain :
1. Faktor usia
Pompa bensin mampu bekerja sampai usia 10 tahun dari kondisi baru. Jadi berapa usia pompa bensin bisa dihitung dari taun pembelian kendaraan.
2. Faktor pemakaian
Menghidupkan mesin mobil injeksi jangan terburu-buru. Sistem yang menggunakan komputer harus di lakukan dengan seksama seperti halnya anda menghidupkan komputer harus menunggu waktu beberapa detik lalu komputer akan berjalan drngan sempurna.

Cara menghidupkan mesin injeksi dengan baik.
▪Posisikan kontak on kendaraan anda akan berdengung selama 7 detik itu adalah suara pompa bensin
▪Tunggu sampai suara dengung itu berhenti
▪Start mobil anda.
Jika anda menghidupkan mesin injeksi langsung di star begitu saja tidak seperti langkah di atas maka akan mengurangi usia pompa bensin atau mempercepat kerusakan pada pompa bensin.

Lalu bagaimana jika pompa bensin sudah terlanjur lemah ? Tenang saja kami ada cara darurat tapi ini tidak bisa berlaku untuk semua kendaraan ini tergantung dari tingkat keberuntungan anda.
Caranya adalah sebagai berikut :
A. Posisikan kunci kontak ke on lalu tunggu 7 detik
B. Offkan kembali selama 3 detik
C. On kembali selama 7 detik
D. Off kembali
E. Lakukan hal tersebut selama 10 kali
F. Baru kemudian start kendaraan anda


#2. Radiator
Periksa air radiator.
Air radiator sebagai pendingin mesin. Mobil dengan sistem injeksi sudah dilengkapi dengan pengaman overheat mesin. Otomatis mesin mobil akan mati sendiri saat overheat.

Jangan langsung mengisi air radiator saat kondisi mesin masih panas ( tiba-tiba mesin mati mendadak ) tunggu sampai mesin mobil lumayan dingin. Jika kondisi panas di isi akan merusak radiator mobil anda.


#3. Sikring
Periksa sikring mobil anda. Sikring bisa membingungkan karena banyak sekali. Kami memberi referensi untuk anda jika anda akan memeriksanya :
A. Sikring ecu b
B. Sikring ecu
C. Sikring ig coil
D. Riley ig coil
E. Relay fule pump
Jika putus atau rusak coba tukar dengan sikring yang baru.

Itulah penjelasan dari bengkel mobil gilang purworejo tentang kemungkinan-kemungkinan avanza mogok mendadak.
Jika hal tersebut sudah anda lakukan namun tidak ada perubahan, kemungkinan mobil anda sudah mengalami hal yang fatal.

Subscribe to receive free email updates: